• September 26, 2022 9:47 pm

Gus Yahya Minta Presiden Buka Gelaran R20

PENGURUS Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta dukungan Presiden Joko Widodo untuk menyukseskan peringatan satu abad lahirnya Nahdlatul Ulama yang akan jatuh pada tanggal 16 Rajab 1444 Hijriah, bertepatan dengan 7 Februari 2023.

Salah satu agenda besar yang menjadi rangkaian peringatan monumental itu adalah R20. Forum yang juga menjadi bagian dari gelaran G20 itu akan menjadi wadah bagi para pemimpin agama dunia untuk mendiskusikan berbagai persoalan yang masih terjadi hingga saat ini.

“Kami tadi memohon kesediaan Presiden untuk hadir memberikan arahan dan membuka secara resmi forum R20 tersebut. Agenda itu diselenggarakan dua pekan sebelum KTT G20, tepatnya pada 2-3 November 2022 di Nusa Dua, Bali,” ujar Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf usai menemui Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/9)

Lebih lanjut, Yahya menjelaskan bahwa R20 akan dihadiri sejumlah pemuka agama dunia, antara lain Sekretaris Jenderal Rabithah Alam Islami atau Liga Muslim Dunia Muhammad bin Abdul Karim Al Issa, Presiden Pontifical Council for Interreligious Dialogue dari Vatikan Kardinal Miguel Ayuso, hingga Sekretaris Jenderal World Evangelical Alliance Pendeta Thomas Schirrmacher.

Baca juga: BNPT: Radikal Terorisme Cermin Krisis Ritualitas

“Bapak Presiden mengatakan berkenan untuk hadir. Insyaallah kami juga akan mengundang beberapa tokoh yang di samping merupakan tokoh agama, juga pemimpin negara, seperti misalnya Raja Norodom Sihamoni dari Kamboja. Insyaallah nanti beliau akan hadir dalam kapasitas sebagai salah seorang pemimpin agama Buddha, tokoh agama Buddha,” jelasnya.

Yahya berharap nantinya forum R20 akan menghasilkan sejumlah kesepakatan para pemimpin agama tentang cara pandang bersama sehingga agama bisa menjadi bagian dari solusi berbagai masalah global. Apalagi saat ini masih banyak masalah di berbagai belahan dunia yang berakar dari agama, seperti di India, Timur Tengah, Afrika Barat bahkan di Asia Tenggara.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi inspirasi bagi kehidupan antaragama secara global karena topik utama dari forum R20 ini adalah bagaimana upaya para pemimpin-pemimpin agama ini untuk menjadikan agama berhenti sebagai bagian dari masalah dan mulai menjadi bagian dari solusi. Bagaimana agama bisa menyediakan inspirasi spiritual untuk mencari jalan keluar dari berbagai masalah global. Ini yang akan menjadi topik utama dari forum R20,” tandasnya.(OL-4)


Sumber: Media Indonesia | Gus Yahya Minta Presiden Buka Gelaran R20

Leave a Reply

Your email address will not be published.