• April 20, 2024 8:26 pm

Kerjasama BNPT-UNOCT Dinilai Bisa Perkuat Citra Indonesia di Dunia Internasional

ByRedaksi PAKAR

Sep 17, 2022

UPAYA Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT RI) bekerj sama dengan 

United Nations Office of Counter Terrorism (UNOCT) patut didukung. Pasalnya, menurut pengamat terorisme yang juga Dosen Hubungan Internasional FISIP Universitas Nasional, Robi Nurhadi, hal itu bisa memperkuat citra Indonesia di bidang keamanan.

“Tidak dimungkiri bahwa sebelum ini citra Indonesia di bidang keamanan mengalami penurunan. Nah, apresiasi PBB terhadap cara-cara BNPT yang bagus dan humanis, bisa bantu pelan-pelan untuk menormalkan kembali citra tersebut,” kata Robi.

“Saya kira wajar kalau jajaran BNPT diapresiasi oleh Wakil Sekretaris Jenderal PBB Bidang Kontra Terorisme PBB saat itu,” imbuhnya..

Robi berharap pemerintah mengambil kesempatan momen tersebut untuk memastikan efektivitas Bali Work Plan 2019-2025 dengan memperkuat peran Indonesia bersama ASEAN dalam penanganan deradikalisasi di dunia.

“Perkuat peran Indonesia di tingkat global. Ambil momen presidensi G20 untuk menegaskan bahwa badan-badan non-ekonomi berkelas dunia. BNPT bisa lakukan itu,” ujar Robi lagi.

Ia pun mengharapkan agar Presiden dan DPR jangan tanggung dalam melakukan penguatan kapasitas kelembagaan BNPT. “Ancaman keamanan berbasis teror cenderung meningkat di tingkat global. Indonesia menjadi target terdekat dari rangkaian ancaman tersebut. Maka, penguatan kelembagaan menjadi penting,” ujarnya. (RO/A-1)


Sumber: Media Indonesia | Kerjasama BNPT-UNOCT Dinilai Bisa Perkuat Citra Indonesia di Dunia Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *