• April 25, 2024 2:43 pm

Seorang Tentara Israel dan Dua Warga Palestina Tewas dalam Bentrokan Tepi Barat

SEORANG tentara Israel dan dua warga Palestina tewas dalam bentrokan, Rabu (14/9) pagi, di dekat Jenin, Tepi Barat yang diduduki, daerah yang dilanda gelombang kerusuhan mematikan baru-baru ini. Tentara Israel mengatakan seorang mayor tewas semalam selama kegiatan operasional yang berdekatan dengan persimpangan Gilboa selama baku tembak dengan teroris Palestina.

Kementerian Kesehatan Palestina mengonfirmasi kemartiran dua pemuda dalam bentrokan di dekat pos pemeriksaan yang dikenal warga Palestina sebagai Jalameh, di utara Jenin. Kantor berita resmi Palestina, Wafa, mengidentifikasi orang-orang Palestina yang tewas sebagai Ahmed Ayman Ibrahim Abed, 23, dan Abdul Rahman Hani Subhi Abed, 22, berasal dari desa Kufr Dan di luar Jenin.

Pos pemeriksaan Jalameh ialah jalur utama untuk barang-barang yang masuk ke Tepi Barat dari Israel. Keamanan telah diperketat saat klub sepak bola Israel Maccabi Haifa menjamu raksasa Prancis Paris Saint-Germain dalam pertandingan Liga Champions, Rabu malam, di markas mereka hanya 60 kilometer (40 mil) dari Jenin.

Kelompok bersenjata Palestina Hamas dan Jihad Islam sama-sama memuji kematian tentara Israel, tetapi tidak ada yang membenarkan bahwa para pejuangnya terlibat dalam baku tembak. Seorang juru bicara Hamas memuji operasi heroik yang dilakukan oleh para pejuang perlawanan.

Wafa menambahkan bahwa 12 warga Palestina lain ditangkap dalam serangan semalam di Tepi Barat. Pemerintah setempat di Jenin mengumumkan pemogokan di seluruh kota sebagai tanggapan atas dua kematian tersebut.

Panglima militer Israel Aviv Kohavi dalam pernyataan menyampaikan belasungkawa terdalam dan terdalamnya kepada keluarga dan pacar tentara yang terbunuh itu. “Kami akan merangkul mereka,” katanya.

Baca juga: Serang Tentara Israel dengan Palu, Warga Palestina Tewas Ditembak

Jenin telah mengalami kekerasan yang nyaris tanpa henti dalam beberapa bulan terakhir, bagian dari gejolak mematikan yang dimulai pada pertengahan Maret. Ada serangan mematikan terhadap sasaran Israel, sebagian besar oleh warga Palestina. Sebagai tanggapan, Israel telah meluncurkan serangan hampir setiap malam di kota-kota Tepi Barat dan kota-kota yang telah menewaskan puluhan warga Palestina, termasuk pejuang.

Pada Minggu, seorang Palestina yang diklaim sebagai anggota oleh Brigade Martir Al Aqsa–sayap bersenjata gerakan Fatah Presiden Mahmud Abbas–meninggal karena luka yang diderita selama bentrokan dengan pasukan Israel di kamp Jenin. Pekan lalu, kepala angkatan bersenjata Letnan Jenderal Aviv Kohavi mengatakan sekitar 1.500 orang buronan ditangkap dan ratusan serangan dicegah dalam operasi tersebut.

Israel telah menduduki Tepi Barat sejak 1967 ketika merebut wilayah itu dari Yordania. Sekitar 475.000 pemukim Yahudi saat ini tinggal di Tepi Barat dalam komunitas yang dianggap ilegal oleh sebagian besar komunitas internasional, bersama sekitar 2,8 juta orang Palestina. (AFP/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Seorang Tentara Israel dan Dua Warga Palestina Tewas dalam Bentrokan Tepi Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *