• May 3, 2024 1:19 pm

Israel Hukum Kepala World Vision Gaza karena Bantu Hamas

PENGADILAN Israel pada Selasa (30/8) menjatuhkan hukuman 12 tahun penjara kepada mantan kepala Gaza dari suatu badan bantuan utama yang berbasis di Amerika Serikat karena menyalurkan jutaan dolar AS kepada kelompok Islam Hamas. Pengadilan distrik Beersheba di Israel selatan mengeluarkan hukuman penjara 12 tahun dikurangi penahanan yang sudah dijatuhkan kepada Mohammed al-Halabi dari World Vision.

Pengadilan telah memutuskan pada Juni bahwa Halabi bersalah karena menyedot jutaan dolar dan ton baja ke Hamas yang mengontrol kantong Palestina. Halabi, yang ditangkap pada Juni 2016 dan didakwa pada Agustus tahun itu, telah membantah penyimpangan selama enam tahun penahanannya.

Pengacaranya mengulangi klaimnya untuk tidak bersalah setelah hukuman pada Selasa. “Dia mengatakan bahwa dia tidak bersalah. Dia tidak melakukan apa-apa dan tidak ada bukti,” kata Maher Hanna. “Sebaliknya, dia membuktikan di pengadilan bahwa dia memastikan bahwa tidak ada uang yang akan (diberikan) langsung kepada Hamas.”

Menurut Hanna, jika Halabi mengaku melakukan kesalahan, dia akan dibebaskan. “Namun dia berkeras bahwa kebenaran juga memiliki nilai. Untuk nilai-nilai pribadinya dan nilai-nilai kerja kemanusiaan internasional, dia berkeras pada kebenaran dan dia tidak bisa mengakui hal yang tidak dia lakukan,” kata pengacara itu.

Bukti rahasia 

Hanna mengatakan mereka akan mengajukan banding atas putusan tersebut ke Mahkamah Agung. Penuntut Israel mengatakan pihaknya juga sedang mempertimbangkan banding.

“Ini perbuatan yang sangat berat. Terdakwa mendanai teror dengan jutaan shekel, membantu memperkuat jaringan terowongan Hamas,” tuding Moran Guez dari kantor kejaksaan selatan.

“Kami meminta 16-21 tahun penjara. Kami akan membaca hukuman dan mempertimbangkan tindakan kami,” katanya kepada wartawan. Halabi, lanjutnya, telah dihukum karena keanggotaan dalam kelompok teroris Hamas dan membiayai kegiatan teroris, karena mengirimkan informasi kepada musuh serta memiliki senjata.

Sebagian besar bukti terhadapnya dirahasiakan. Israel hanya mengutip masalah keamanan. Ini mendorong tim hukumnya untuk mempertanyakan legitimasi putusan tersebut. Dalam hukumannya, pengadilan mengatakan Halabi telah bergabung dengan sayap militer Hamas pada 2004 dan ditanam di World Vision pada tahun berikutnya. 

Pengadilan mengatakan bahwa selain 12 ton baja dan bahan lain yang diberikan kepada Hamas untuk terowongan dan posisi mereka, dia juga memberikan jutaan dolar uang World Vision untuk mendanai teror.

Hukuman 12 tahun itu juga dimaksudkan untuk menghalangi warga Gaza yang bekerja dalam kelompok bantuan internasional untuk membantu Hamas, menurut pengadilan. “Ada sejumlah besar uang yang jika mereka mencapai organisasi teror, akan berkontribusi untuk memperkuat rezim teror di Gaza,” kata hukuman itu.

Badan amal Kristen

World Vision, badan amal Kristen yang berbasis di AS dengan hampir 40.000 karyawan di seluruh dunia, mengatakan hukuman itu sangat mengecewakan. Juru bicaranya Sharon Marshall menekankan keberatannya terhadap, “Segala bentuk terorisme atau kegiatan yang mendukung terorisme,” dengan mengatakan mereka, “Tidak melihat bukti apa pun dari hal-hal itu dalam kasus ini.”

“Kami sepenuhnya mendukung niat Mohammed untuk mengajukan banding atas putusan dan hukuman dalam kasus ini. Kami menyerukan proses yang adil dan transparan di mahkamah agung,” katanya. “Kami tetap berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan anak-anak yang rentan di kawasan ini dan berharap kami dapat memajukan pekerjaan kemanusiaan kami dalam konteks kerja sama jangka panjang kami dengan otoritas terkait di Palestina dan Israel,” kata Marshall.

Baca juga: Kepala HAM PBB Kecam Israel atas Pemblokiran Visa Staf

Di Gaza, ibu Halabi menggambarkan penderitaan mengikuti pengadilan yang disebutnya tidak adil. “Saya merasa seperti mengalami gangguan syaraf dan saya berteriak,” kata Amal al-Halabi kepada AFP. “Ini ketidakadilan. Di mana komunitas internasional dan di mana hak asasi Muhammad?”

Omar Shakir, direktur Israel dan Palestina di Human Rights Watch, menyebut hukuman 12 tahun itu sebagai, “Keguguran keadilan yang mendalam,” dengan persidangan enam tahun dan penggunaan bukti rahasia merupakan, “Ejekan atas proses hukum. Dia seharusnya sudah lama dibebaskan.”

Setelah penangkapan Halabi, pemerintah Australia, donor utama World Vision, mengumumkan pembekuan dana untuk proyek-proyek di Jalur Gaza. Penyelidikan pemerintah Australia berikutnya tidak menemukan bukti penggelapan. (AFP/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Israel Hukum Kepala World Vision Gaza karena Bantu Hamas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *