• September 26, 2022 10:12 pm

Menko PMK Muhadjir Akan Pimpin Upacara HUT RI di Ponpes Baasyir

Muhadjir Effendy dijadwalkan menjadi inspektur upacara peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI pada Rabu (17/8) di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo.
Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dijadwalkan menjadi inspektur upacara peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI pada Rabu (17/8) di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah.

“Bapak Menko PMK akan menjadi inspektur upacara peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Pesantren Al Mukmin Ngruki,” kata Sekretaris Kemenko PMK YB Satya Sananugraha melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Sebagai informasi, Ponpes Ngruki¬†itu merupakan binaan mantan napi teroris Abu Bakar Ba’asyir.

Satya mengatakan sebelumnya, Yayasan Pendidikan Islam Al Mukmin Ngruki telah mengirim surat ke Kemenko PMK per tanggal 10 Agustus 2022, dengan nomor: 1906/YPIA/VIII/2022. Surat itu berisikan permohonan menjadi inspektur upacara kepada Menko PMK Muhadjir Effendy.

“Bapak Menko PMK Muhadjir Effendy telah dijadwalkan untuk hadir dan menjadi inspektur upacara,” ujar Satya.

Satya menjelaskan rencananya peserta upacara yang akan hadir di tempat itu sebanyak 1.300 orang. Mereka dari santri pesantren Al Mukmin Ngruki tingkat SD, SMP dan SMA.

Satya Sananugraha menjelaskan persiapan telah dilakukan oleh Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki sejak hari Minggu (14/8). Mulai dari pelatihan para personel, kemudian persiapan lokasi.

Persiapan gladi kotor upacara juga sudah dilakukan pada Senin (15/8), dan persiapan gladi bersih pada Selasa (16/8).

“Untuk para personel upacara nanti adalah dari para ustaz dan santri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki. Mereka telah dilatih oleh Dandim Sukoharjo, Polres Sukoharjo, dan Pemkab Sukoharjo,” kata Satya.

HUT RI dan Momentum Bersama

Dia menerangkan peringatan HUT RI merupakan momentum yang tepat untuk bersama-sama bekerja keras, mengedepankan persatuan dan kesatuan serta bergotong royong demi kemajuan Indonesia.

“Mari kita manfaatkan momentum peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI ini untuk bergerak bersama demi kemajuan Indonesia, serta demi pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” katanya.

Yang terpenting, lanjutnya, adalah terus menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika dan berlandaskan Pancasila.

“Mari bersama-sama berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan bangsa ini, dalam bingkai NKRI dan selalu berlandaskan nilai-nilai dalam Pancasila,” katanya.

Abu Bakar Ba’asyir yang juga mantan napi terorisme itu sudah mengakui Pancasila sebagai dasar negara. Menurutnya, dasar dari Pancasila adalah tauhid atau ketuhanan seperti tertuang dalam sila pertama.

Hal itu terungkap usai video yang menampilkan Abu Bakar Ba’asyir sedang memberikan ceramah beredar di media sosial belakangan ini.

“Indonesia berdasar Pancasila kenapa disetujui ulama? Karena dasarnya tauhid, Ketuhanan Yang Maha Esa,” kata Ba’asyir dalam video yang dilihat CNNIndonesia.com, Selasa (2/8)

Putra Abu Bakar Ba’asyir Abdul Rochim Ba’asyir menegaskan bahwa ayahnya tak pernah menolak Pancasila. Menurutnya, prinsip demikian sudah dipegang oleh Ba’asyir sejak lama.

(rzr/kid)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Menko PMK Muhadjir Akan Pimpin Upacara HUT RI di Ponpes Baasyir

Leave a Reply

Your email address will not be published.