• August 15, 2022 10:09 pm

BNPT Waspadai Gejolak Jaringan Teroris Usai Pemimpin Al-Qaeda Tewas

Kepala BNPT Boy Rafli Amar berharap kematian pimpinan Al Qaeda tak berpengaruh terhadap teroris di Indonesia. Meski begitu, kewaspadaan tetap ditingkatkan.
Jakarta, CNN Indonesia

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Boy Rafli Amar mengaku tengah meningkatkan kewaspadaan terhadap jaringan teroris di Indonesia usai tewasnya pemimpin Al-Qaeda Ayman Al-Zawahiri.

“Kita tidak underestimate terhadap perkembangan peristiwa itu, dan adalah sesuatu yang wajar. Kita semua tetap melakukan penguatan kewaspadaan bersama,” kata Boy usai menggelar Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (2/8).

Boy menyebut Al-Qaeda digerakkan dan dipimpin oleh Al-Zawahiri setelah Osama bin Laden tewas pada 2007 lalu.

Karenanya, Ia menilai perlu penguatan deteksi terhadap potensi yang berkembang di tengah masyarakat imbas tewasnya Al-Zawahiri.

Ia mengatakan kelompok-kelompok teroris terafiliasi Al-Qaeda telah menjadi perhatian BNPT dan masyarakat selama ini.

“Tentu kaitan deteksi ini sebenarnya sebuah rangkaian kegiatan deteksi yang berkelanjutan ya. Jadi selama ini terhadap kelompok-kelompok yang memang menjadi perhatian yang terafiliasi itu menjadi fokus perhatian kami bersama dengan aparat dan bahkan juga dengan elemen masyarakat,” kata dia.

Boy berharap tewasnya Al-Zawahiri tak memberi dampak signifikan bagi kelompok teror di Indonesia. Meski begitu, kewaspadaan tetap ditingkatkan.

“Ya tentu kita kalau bicara dampak kita berharap tidak ada dampak. Kan itu kan di luar wilayah kita ya. Ya tentu harapan kita bersama tidak memberikan dampak yang signifikan,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden mengonfirmasi serangan dua drone Hellfire AS yang menewaskan Zawahiri. Ia mengatakan Zawahiri, yang menjadi pentolan Al Qaeda, telah menjadi simbol internasional kelompok teroris itu sejak Osama bin Laden tewas.

(rzr/bmw)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | BNPT Waspadai Gejolak Jaringan Teroris Usai Pemimpin Al-Qaeda Tewas

Leave a Reply

Your email address will not be published.