• August 15, 2022 11:29 pm

Israel dan Maroko Jalin Kerja Sama di Bidang Hukum

MAROKO dan Israel menambahkan bidang hukum dalam daftar kerja sama meeka sejak kedua negara menormalisasi hubungan mereka pada 2020. 

Menteri Hukum Israel Gideon Saar, Selasa (26/7), menandatangani kerja sama di bidang hukum itu dengan Menteri Hukum Maroko Abadellatif Ouahbi di Rabat.

Dalam sebuah pernyataan bersama, Israel dan Maroko mengatakan akan saling berbagi pengetahuan dan memperbaharui sistem peradilan dengan digitalisasi sembari bekerja sama menghadapi kejahatan terorganisasi, terorisme, dan perdagangan manusia.

Baca juga: Uni Eropa Kecam Rencana Pembangunan Pemukiman Baru Israel

Selain itu, Selasa (26/7), Menteri Kerja Sama Regional Israel Issawi Frej, warga Arab-Israel yang keluarganya berasal dari Maroko, menggelar perundingan untuk pertukaran pemuda antara Israel dan Maroko.

Maroko memutus hubungan dengan Israel pada 2000 seiring meningkatnya gelombang intifada di Palestina namun memulihkan hubungan diplomatik, dua dekade kemudian dalam kesepakatan dengan Amerika Serikat (AS) dengan imbalan pengakuan Washington atas kedaulatan Rabat atas Sahara Barat.

Sejak saat itu, serangkaian kerja sama antara Maroko dan Israel dicapai mulai dari bidang pertahanan, keamanan, hingga ekonomi, budaya, dan olahraga. (AFP/OL-1)

 


Sumber: Media Indonesia | Israel dan Maroko Jalin Kerja Sama di Bidang Hukum

Leave a Reply

Your email address will not be published.