• April 19, 2024 7:38 pm

BADAN Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Gowes Kebangsaan. Sekitar 400 orang ikut serta menggowes sepeda dengan rute 10 km untuk menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan untuk melawan terorisme. Acara berlangsung Minggu (24/7) di area Car  Free Day (CFD) PIK 2.

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar memimpin langsung gowes sepeda yang menjadi rangkaian penutup peringatan HUT BNPT ke-12. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh  jajaran pejabat dan staf di lingkungan BNPT. Tak hanya itu Pimpinan I BPK RI Nyoman Adi Suryadyana dan mitra-mitra  BNPT ikut Gowes Kebangsaan.

“Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan acara ini. Juga dengan masyarakat yang gabung bersama kita dalam kegiatan Gowes Kebangsaan ini,” kata Boy Rafli Amar.

Boy Rafli menegaskan Gowes Kebangsaan memiliki makna tersendiri. Gowes kebangsaan  menjadi refleksi bersama untuk terus mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan dengan bergandeng tangan dan bergerak maju melawan radikalisme dan terorisme.

“Makna gowes kebangsaan ini adalah bagaimana  kita mengangkat narasi yang mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan,” tandas jenderal bintang tiga tersebut.

Boy berharap dengan adanya Gowes Kebangsaan, kebersamaan akan terus terjalin antara semua pihak untuk menggalang persatuan dan kesatuan.

“Makna dari gowes ini bagaimana kita terus mengangkat narasi gelorakan semangat nasional, bela negara, bela bangsa, bela rakyat Indonesia dari pengaruh-pengaruh negatif tentunya yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Gowes Kebangsaan diikuti oleh kementerian/lembaga dan masyarakat umum sebagai wujud dari tema HUT BNPT “Gelorakan Sinergi Bangsa dalam Mencegah Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme Menuju Indonesia Harmoni”.

Acara ini turut dimeriahkan Sahitya Band yang merupakan juara satu festival musik kebangsaan yang digelar BNPT.

Sebelumnya juga telah terselenggara sejumlah aktivitas dalam memeriahkan HUT ke-12 di antaranya ziarah kebangsaan di TMP Kalibata, aksi sosial donor darah dan baksos, juga Presidential Lecture yang diisi oleh Menkopolhukam Mahfud MD. BNPT juga menggelar lomba Desain Maskot  lomba Tik Tok Harmoni Dalam Keberagaman, dan lomba Festival Musik Kebangsaan tingkat SMA-sederajat. (J-1)


Sumber: Media Indonesia | BNPT Galang Semangat Persatuan Lawan Terorisme Lewat Gowes Kebangsaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *