• March 29, 2024 8:49 pm

Moeldoko: KKB takut hilang pengaruh karena capaian pembangunan Papua

ByRedaksi PAKAR

Jul 21, 2022
Moeldoko: KKB takut hilang pengaruh karena capaian pembangunan Papua

Pemerintah sedang bekerja keras membangun kesejahteraan Papua, KKB justru melakukan tindakan kejam terhadap warga tak berdosa.

Jakarta (ANTARA) – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) takut dengan capaian pembangunan di Papua karena akan menghilangkan pengaruh kelompok mereka.

“KKB takut dengan capaian pembangunan di Papua karena takut kehilangan pengaruhnya. Sungguh ironis, Pemerintah sedang bekerja keras membangun kesejahteraan Papua, KKB justru melakukan tindakan kejam terhadap warga tak berdosa,” kata Moeldoko dalam pemaparan media di Jakarta, Kamis.

Menurut Moeldoko, KKB melakukan tindakan destruktif di Papua dengan membakar gedung dan fasilitas umum lainnya, seperti puskesmas dan sekolah pada saat Pemerintah sedang mengakselerasi pembangunan.

Ia mencatat pada bulan Maret 2010 hingga Maret 2022, KKB telah melakukan kekerasan sebanyak 226 kali, di antaranya adalah pembunuhan, pembakaran fasilitas publik, gedung pemerintah, sekolah, dan rumah warga guna meyebarkan teror kepada masyarakat.

Pada tahun 2022, kata Moeldoko, tercatat sejak April hingga Juli 2022, KKB melakukan kejahatan sebanyak 18 kali dengan korban meninggal 22 orang.

“Kelompok ini pula pada tahun 2018 yang melakukan pembunuhan terhadap karyawan BUMN Istaka Karya dan pemenggalan terhadap warga sipil,” kata mantan Panglima TNI itu.

Diungkapkan pula apa yang dilakukan KKB adalah pembantaian keji, kejam dan biadab, dan bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan. Oleh karena itu, Pemerintah akan melakukan tindakan tegas dengan penegakan hukum kepada KKB.

“Tindakan tegas hanya terhadap KKB, bukan yang lain. Penegasan ini penting, jangan sampai ada persepsi keliru terhadap tindakan yang diambil aparat keamanan,” ujarnya.

Pada hari Sabtu (16/7), KKB melakukan kembali penyerangan terhadap masyarakat sipil di Kabupaten Nduga, Papua, yang menewaskan sebelas orang, termasuk tokoh agama.

“KKB telah melakukan tindakan kejam berulang kali di Papua dengan target membabi buta. Saya melihat ada perilaku teroris dan bandit di situ,” ujar Moeldoko.

Baca juga: Moeldoko minta Komnas HAM selidiki kasus serangan KKB di Nduga Papua

Baca juga: Pemerintah tetap gunakan pendekatan keamanan tertib sipil di Papua

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Moeldoko: KKB takut hilang pengaruh karena capaian pembangunan Papua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *