• August 19, 2022 6:04 pm

Iran Peringatkan Erdogan terkait Operasi Suriah Jelang KTT dengan Putin

IRAN memperingatkan Turki bahwa setiap serangan di Suriah akan merugikan. Ini disampaikan menjelang pertemuan puncak trilateral pada hari Selasa dengan Rusia yang telah dibayangi oleh dampak dari perang Rusia di Ukraina.

KTT tersebut merupakan yang pertama diselenggarakan oleh Presiden ultrakonservatif Iran Ebrahim Raisi sejak ia menjabat tahun lalu. Itu akan melihat rekannya dari Rusia Vladimir Putin melakukan perjalanan ke luar negeri untuk kedua kali sejak ia memerintahkan invasi ke Ukraina.

Itu terjadi beberapa hari setelah Presiden AS Joe Biden mengunjungi Timur Tengah untuk pertama kali sejak menjabat, terutama ke musuh regional Iran, Israel, dan Arab Saudi. KTT trilateral itu terkait Suriah sebagai bagian dari proses perdamaian Astana untuk mengakhiri lebih dari 11 tahun konflik di negara Arab itu.

Baca juga: Tentara Israel Cegat Pesawat tidak Berawak dari Hizbullah Libanon

Ketiga negara terlibat di Suriah. Iran dan Rusia mendukung Presiden Bashar al-Assad dan Turki mendukung pemberontak.

Pertemuan itu terjadi setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengancam melancarkan serangan baru di Suriah utara terhadap militan Kurdi. Erdogan, yang tiba di Teheran pada Senin (18/7) malam, diterima oleh Raisi pada Selasa (19/7) di kompleks istana Saadabad sebelum mengadakan pembicaraan dengan pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Dalam pertemuan mereka, Khamenei mengatakan kepada Erdogan bahwa serangan di Suriah akan merugikan kawasan itu dan menyerukan agar masalah itu diselesaikan melalui dialog antara Ankara, Damaskus, Moskow, dan Teheran. Erdogan membahas masalah ini kemudian pada konferensi pers bersama dengan mitranya dari Iran.

Baca juga: Putin, Erdogan akan Bahas Mekanisme Ekspor Gandum di Iran

Ia mengatakan milisi Kurdi menyebabkan masalah besar bagi Iran dan Turki. “Kita harus melawan organisasi teroris ini dalam solidaritas dan aliansi,” tambahnya. Presiden juga mengawasi penandatanganan sejumlah kesepakatan di berbagai bidang, termasuk bidang perdagangan dan ekonomi. (AFP/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Iran Peringatkan Erdogan terkait Operasi Suriah Jelang KTT dengan Putin

Leave a Reply

Your email address will not be published.