• August 15, 2022 2:25 am

Gubernur Lampung Ingatkan Bahaya Pemahaman Radikal

GUBERNUR Lampung Arinal Djunaidi meminta agar Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Lampung untuk lebih aktif memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya dari pemahaman radikal.

“Saya berharap ICMI Lampung bisa berperan dalam mencerdaskan umat dengan berbagai kegiatan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan BNPT. Jangan sampai ada paham-paham radikal seperti di teluk (penangkapan terduga teroris diduga berafiliasi atau kelompok jaringan Jamaah Islamiyah (JI),” tutur Gubernur saat menerima Audiensi dari ICMI Orwil Lampung di Mahan Agung, Kamis (14/7).

Lampung, jelasnya, menjadi perhatian pemerintah pusat karena pembangunannya dan pertumbuhan ekonomi yang sangat luar biasa. “Namun membangun itu harus dari semua lini secara bersama-sama. ICMI, MUI, NU, Muhammadiyah, BNPT, bersama-sama pemerintah daerah,” tegas Gubernur.

Baca juga: Gajah Betina Lahir di Pusat Latihan Gajah Padang Sugihan

Ketua ICMI Orwil Lampung Yusuf Barusman menyampaikan selama ini pihaknya banyak melaksanakan kegiatan, baik yang berupa saran pemikiran maupun program-program sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. “Beberapa waktu lalu ICMI Lampung secara intensif telah melakukan berbagai kegiatan edukasi, salah satunya melalui Gerakan Bersama Kita Kuat (Gema Taat). Selain itu ICMI, melalui program respons bencana, aktif melakukan penggalangan bantuan bencana,” ungkap Barusman. “Ke depan saya juga berharap ICMI bisa menjadi hub atau penghubung atau koordinator dari berbagai forum keagamaan yang ada,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Yusuf juga menyampaikan kepada Gubernur bahwa dirinya akan dikukuhkan kembali sebagai Ketua ICMI Orwil Lampung masa bakti 2022-2027 melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) pada 27 Juli 2022. Pada muswil tersebut rencananya akan diisi dengan kegiatan dialog kebangsaan oleh Kepala BNPT Pusat. (OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Gubernur Lampung Ingatkan Bahaya Pemahaman Radikal

Leave a Reply

Your email address will not be published.