• August 15, 2022 1:03 am

Mantan Presiden ACT Bantah Tuduhan Dana ke Al-Qaeda: Semua Fitnah

Densus mengatakan PPATK telah mengirimkan data transaksi Yayasan ACT yang diduga berkaitan dengan pendanaan terorisme.
Jakarta, CNN Indonesia

Kuasa Hukum mantan presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ahyudin, Teuku Pupun Zulkifli, membantah tudingan soal dana yang dialirkan ke jaringan terorisme Al-Qaeda.

Ia mengungkap hal itu adalah fitnah yang ditujukan pada Ahyudin.

“Tidak ada itu, itu semua fitnah itu. Itu semua tidak ada itu [aliran] yang [menuju] pada Al-Qaeda,” ungkap Pupun pada wartawan di Bareskrim Polri, Senin (11/7).

Menurutnya, lembaga filantropi itu tak memiliki afiliasi sama sekali dengan Al-Qaeda kecuali terkait hal-hal kemanusiaan.

“Yayasan ini tidak ada afiliasi dengan teroris semua dalam bentuk kemanusiaan itu semua fitnah,” tegas Pupun.

Mulanya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan dugaan transaksi keuangan antara ACT dengan jaringan terorisme Al-Qaeda.

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengatakan transaksi keuangan tersebut dilakukan oleh karyawan ACT ke negara-negara beresiko tinggi dalam hal pendanaan terorisme.

Berdasarkan kajian dan koordinasi yang telah dilakukan PPATK, penerima aliran dana itu diduga salah satu pihak yang pernah ditangkap oleh Kepolisian Turki karena diduga terkait dengan jaringan Al-Qaeda.

“Ini masih diduga ya, patut diduga terindikasi yang bersangkutan menjadi salah satu dari 19 orang yang ditangkap oleh kepolisian di Turki karena terkait dengan Al-Qaeda,” ucapnya.

(cfd/isn)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Mantan Presiden ACT Bantah Tuduhan Dana ke Al-Qaeda: Semua Fitnah

Leave a Reply

Your email address will not be published.