• August 15, 2022 2:03 am

Gus Yahya Respons Seteru Yenny vs Cak Imin: Bukan Urusan PBNU

Ketum PBNU Gus Yahya menegaskan polemik antara Cak Imin dan Yenny Wahid merupakan urusan internal PKB dan tak ada sangkut paut dengan PBNU.
Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengatakan polemik antara Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Yenny Wahid bukan menjadi urusan PBNU.

“Itu bukan urusan PBNU. Mereka berdua. Ya monggo lah, sama-sama sudah dewasa,” kata Yahya kepada wartawan di Kantor PBNU, Jakarta, Selasa (28/6).

Gus Yahya menegaskan polemik tersebut merupakan urusan internal PKB dan tak ada sangkut paut dengan PBNU. Ia pun tak ingin mengomentari perseteruan di internal partai.

“Itu internal PKB. Nanti misalnya Golkar konflik kita komentar kan enggak enak,” katanya.

Seteru antara Cak Imin dengan Yenny terjadi usai putri mendiang Gus Dur itu menegaskan bahwa dirinya bukanlah kader PKB di bawah pimpinan Cak Imin.

“Saya bukan PKB Cak Imin, saya PKB Gus Dur,” katanya usai menjadi pembicara dalam acara Stadium General bertajuk ‘Antisipasi Gerakan Radikalisme dan Intoleran dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara’ di Kampus IPDN, Jatinangor, Sumedang, Kamis (22/6).

Cak Imin lantas merespons bahwa Yenny memang bukan kader PKB. Ia juga meminta Yenny tak ikut campur dalam mengatur urusan internal PKB.

“Yeni itu bukan PKB, bikin partai sendiri saja gagal lolos, bbrpa kali pemilu nyerang PKB gak ngaruh, PKB malah naik terus suaranya, jadi ngapain ikut – ikut ngatur PKB, hidupin aja partaimu yang gagal itu. PKB sdh aman nyaman kok,” tulis Cak Imin.

Selang beberapa hari, Yenny kemudian membongkar kisah di balik konflik yang terjadi antara ayahnya dengan Cak Imin.

Ia mengatakan sejarah yang tidak bisa dihapus dari perjalanan PKB adalah Cak Imin merupakan sosok yang mengeluarkan Gus Dur dari PKB. Menurutnya, hal itu terjadi dalam penyelenggaraan Muktamar Luar Biasa PKB di Ancol, Jakarta pada 2008 silam.

“Saya hanya ingin meluruskan sejarah, di mana saat ini seolah-olah ada upaya menghapuskan sejarah PKB, seolah-olah Gus Dur itu masih berada di PKB. Banyak masyarakat yang tidak memahami, bahwa Gus Dur lewat Muktamar [di] Ancol, Gus Dur sebagai pendiri PKB telah dikeluarkan dari PKB,” kata Yenny dalam sebuah rekaman suara.

(rzr/fra)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Gus Yahya Respons Seteru Yenny vs Cak Imin: Bukan Urusan PBNU

Leave a Reply

Your email address will not be published.