• June 30, 2022 2:28 pm

Sekolah Terafiliasi Khilafatul Muslimin tidak Perlu Ditutup

PENGAMAT terorisme Al Chaidar berpendapat sekolah-sekolah yang terafiliasi dengan Khilafatul Muslimin (KM) tidak perlu ditutup. Menurutnya, masalah utama dari sekolah-sekolah tersebut hanya terkait administrasi saja.

“Sebenarnya sekolahnya enggak perlu ditutup kalau masalahnya belum ada izin, belum terdaftar, itu kan masalah administrasi,” ujar Al Chaidar saat dihubungi, Sabtu (18/6).

Selain administrasi, ia juga mengatakan masalah yang perlu diperbaiki adalah kurikulum pembelajaran. Menurutnya, masalah-masalah itu tidak begitu krusial. Dalam hal ini, ia mendorong pemerintah untuk memembantu menyelesaikan masalah yang dihadapi sekolah terafiliasi KM.

Al Chaidar mengaku banyak mendapatkan terstimoni dari pengurus sekolah terafiliasi KM. Menurutnya, mereka meminta agar sekolah tersebut tidak dibubarkan.

Baca juga: Pengamat: Operasi Sapu Bersih TNI AL Harus Didukung 

Sebuah video yang diberikan Al Chaidar kepada Media Indonesia memperlihatkan pernyataan sikap dari sebuah sekolah terafilisasi KM di Purwakarta, Jawa Barat. Pengurus sekolah beserta anak didik menyatakan, sebagai warga KM, mereka tidak antipancasila, tidak anti-KNKRI, dan tidak antikhebinnekaan.

“Khilafatul Muslimin bukan musuh Pancasila dan tidak akan memusuhi Pancasila. Musuh Pancasila adalah komunisme, marxisme, leninisme, kapitalisme, liberalisme, oligarki, dan koruptor,” demikian bunyi pernyataan sikap mereka.

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, Al Chaidar mengatakan bahwa KM tidak masuk dalam daftar radikalisme, melainkan fundamentalisme.

“Yang paling ultimate itu kan terorisme, setelah itu baru radikalisme, dan berikutnya fundamentalisme,” tandasnya. (OL-4)


Sumber: Media Indonesia | Sekolah Terafiliasi Khilafatul Muslimin tidak Perlu Ditutup

Leave a Reply

Your email address will not be published.