• June 27, 2022 12:09 am

Empat anggota kelompok Kurdi di Irak tewas diserang “drone” Turki

ByRedaksi PAKAR

Jun 17, 2022
Empat anggota kelompok Kurdi di Irak tewas diserang "drone" Turki
Sulaimaniya (ANTARA) – Sebuah serangan pesawat tak berawak (drone) Turki pada Jumat menewaskan empat gerilyawan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan melukai satu orang di Provinsi Sulaimaniya, Irak utara, kata dinas kontraterorisme Kurdistan Irak.

Kelima orang itu sedang berkendara di Kota Kalar sekitar pukul 06.00 GMT (13.00 WIB) ketika serangan drone menghantam mereka, kata dinas itu dalam sebuah pernyataan.

Pergerakan Turki di Irak dan Suriah melawan militan PKK dan milisi YPG Kurdi Suriah telah berlangsung lama. Kedua kelompok itu dianggap sebagai teroris oleh Ankara.

Turki secara teratur melakukan serangan udara ke Irak utara dan telah mengirim pasukan komando untuk mendukung serangannya.

Pada Rabu (15/6), dua orang tewas, termasuk seorang anak, dan tujuh orang terluka dalam serangan udara Turki terhadap Satuan Perlawanan Sinjar (YBS), sebuah kelompok milisi yang berafiliasi dengan PKK.

PKK mengangkat senjata melawan negara Turki pada 1984. Lebih dari 40.000 orang tewas dalam konflik itu, yang di masa lalu terutama difokuskan di Turki tenggara –kawasan tempat PKK berusaha untuk menciptakan satu tanah air kesukuan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Jet tempur Turki hantam target milisi Kurdi di Irak, Suriah

Baca juga: Politisi Kurdi dapat tambahan hukuman karena hina Presiden Turki

 

Turki sebut operasi militer di perbatasan selatan diperlukan



Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Empat anggota kelompok Kurdi di Irak tewas diserang “drone” Turki

Leave a Reply

Your email address will not be published.