• June 27, 2022 12:40 am

Kemarin, Indonesia tanpa pelanggaran HAM hingga simulasi teror G20

ByRedaksi PAKAR

Jun 17, 2022
Kemarin, Indonesia tanpa pelanggaran HAM hingga simulasi teror G20
Jakarta (ANTARA) – Ragam peristiwa hukum mewarnai pemberitaan nasional Kamis (16/6) kemarin, mulai dari Mahfud MD menyebut Indonesia tidak memiliki catatan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Dewan HAM PBB, hingga simulasi penanggulangan teror menjelang G20.

Berikut lima berita hukum menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Mahfud sebut Indonesia tak punya catatan pelanggaran HAM di PBB

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan Indonesia tidak memiliki catatan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Dewan HAM PBB.

“Yang lebih menggembirakan lagi, di Dewan HAM PBB, tidak ada catatan apa pun tentang pelanggaran HAM di Indonesia,” kata Mahfud dalam konferensi pers secara virtual mengenai kunjungannya ke Dewan HAM PBB dan Komisi Tinggi HAM PBB di Jenewa, Swiss, sebagaimana dipantau dalam kanal YouTube Menko Polhukam RI, di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

2. BNN Kalbar musnahkan 13 kilogram sabu-sabu

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Barat, Kamis, memusnahkan barang bukti sebanyak 13 kilogram narkotika jenis sabu-sabu dengan mesin insinerator.

“Pemusnahan kami lakukan untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab,” kata Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Kalbar Kombes Pol. Ade Yana Supriyana di Pontianak.

Selengkapnya di sini

3. Densus terus dalami keterkaitan Khilafatul Muslimin dengan terorisme

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri masih mendalami keterlibatan kelompok Khilafatul Muslimin dengan tindak pidana terorisme dengan memberikan asistensi ke sejumlah polda yang menangani perkara tersebut.

Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri Kombes Pol. Aswin Siregar saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, mengatakan kelompok tersebut telah menyebarkan ideologi anti-Pancasila.

Selengkapnya di sini

4. Ketua KPK ingatkan 48 penjabat kepala daerah soal titik rawan korupsi

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengingatkan kepada 48 penjabat kepala daerah soal titik rawan korupsi dalam pengelolaan dan pelaksanaan program di daerah.

Hal itu dikemukakan Firli dalam rapat koordinasi (rakor) yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Kamis. Rakor tersebut bertujuan untuk memberikan pengarahan dan pembekalan kepada Pj kepala daerah yang baru dilantik.

Selengkapnya di sini

5. Kodam IX/Udayana gelar simulasi penanggulangan teror menjelang KTT G20

Komando Daerah Militer IX/Udayana menggelar simulasi penanggulangan teror di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Kamis, demi menunjukkan kesiapan pasukan mengamankan rangkaian kegiatan G20 yang puncaknya (KTT) berlangsung di Bali pada 15–16 November 2022.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Panglima Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto itu melibatkan pasukan elite dari Batalyon Infanteri Raider 900/Satya Bhakti Wirottama, Batalyon Infanteri Mekanis 741/Garuda Nusantara, Batalyon Zeni Tempur 18/Yudha Karya Raksaka, dan Detasemen Kavaleri 4/Shima Pasupati.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Kemarin, Indonesia tanpa pelanggaran HAM hingga simulasi teror G20

Leave a Reply

Your email address will not be published.