• July 1, 2022 11:54 pm

Daftar Jabatan Naik Pangkat Usai Brimob Dipimpin Jenderal Bintang Tiga

Total 45.108 personel ada dalam Korps Brimob saat ini: 8.081 orang di Mako Brimob, sementara 37.027 lainnya tersebar di 34 Sat Brimob seluruh Indonesia.
Jakarta, CNN Indonesia

Terdapat total enam perwira tinggi (Pati) yang menempati jabatan di Korps Brigade Mobil (BrimobPolri akan mendapat kenaikan pangkat usai dilakukan penguatan terhadap organisasi tersebut pekan lalu.

Saat ini Brimob akan dipimpin seorang perwira dengan pangkat Komisaris Jenderal (Komjen) alias bintang tiga. Adapun Komandan Korps Brimob (Dankor Brimob) yang menjabat saat ini ialah Inspektur Jenderal (Irjen) Anang Revandoko.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini, Jumat, tanggal 10 Juni 2022 pukul 13.40 WIB, penguatan struktur organisasi Korps Brigade Mobil Polri saya nyatakan diresmikan,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam upacara pengukuhan pekan lalu.

Selain Dankorbrimob, kenaikan pangkat juga akan dilakukan terhadap pengemban tugas Wakil Komandan Korps Brimob (Wadankorbrimob) yang semula dijabat perwira dengan pangkat Brigadir Jenderal (Brigjen), menjadi Irjen.

Dalam amanatnya Kapolri menjelaskan nantinya akan dibentuk struktur baru yakni Biro Perencanaan Administrasi dan Operasional (Rorenmin Ops) yang semula dipimpin Brigjen, kini naik pangkat menjadi Irjen.

Korps Brimob pun nantinya akan tersebar di tiga wilayah penugasan baru. Mereka akan dipimpin Komandan Pasukan (Danpas) Brimob 1 di wilayah Aceh, kemudian Danpas Brimob 2 di Kalimantan, dekat Ibu Kota Negara (IKN) baru, dan Danpas 3 di Papua.

Seluruh pasukan itu nantinya akan dipimpin seorang perwira tinggi dengan pangkat Brigjen.

Menurut Listyo peranan Korps Brimob penting di Indonesia untuk mengamankan berbagai proyek strategis nasional dan untuk pengembangan industri. Oleh sebab itu, menurutnya, penguatan organisasi perlu dilakukan.

“Termasuk menjamin keamanan proses pembangunan ibu kota negara yang merupakan wujud Indonesia-sentris dan resolusi pemerataan penduduk serta perekonomian nasional,” jelasnya.

Namun, Listyo belum membeberkan lebih lanjut sosok perwira yang akan ditempatkan untuk posisi Danpas di tiga wilayah tersebut.

Jenderal bintang empat itu pun menyinggung masalah keamanan di wilayah Papua yang hingga saat ini masih mendapat gangguan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB). Selain itu, masih tersisa dua buronan dari kelompok teroris Majelis Indonesia Timur (MIT) di Poso yang dapat mengancam keamanan.

Belum lagi, kata dia, belakangan muncul berbagai isu penolakan daerah otonomi baru (DOB) yang kemudian berujung pada aksi unjuk rasa di berbagai daerah. Polisi, kata dia, perlu melakukan antisipasi terhadap aksi-aksi yang berujung anarkis.

“Oleh karena itu dibutuhkan perkuatan personel dan sistem pengamanan yang terintegrasi untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” tambah dia.

Saat ini terdapat total 45.108 personel yang tergabung dalam Korps Brimob. Sebanyak 8.081 orang berdinas di Mako Brimob, sementara 37.027 orang lainnya tersebar di 34 Sat Brimob seluruh Indonesia.

Penguatan organisasi Brimob ini merupakan rencana yang digodok Listyo sejak tahun lalu. Kala itu menurutnya  penguatan perlu dilakukan jelang tahun politik 2024 nanti.

Presiden pun menyetujui usulan itu. Peraturan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara RI menjadi dasar hukumnya. Beleid itu ditetapkan dan diundang pada 7 April 2022.

Berikut daftar lengkap 6 jabatan Korps Brimob yang dipimpin perwira tinggi Polri

  • Komandan Korps Brimob (DankorBrimob), dari semula Inspektur Jenderal (Irjen) kini dipimpin Komisaris Jenderal (Komjen)
  • Wakil Komandan Korps Brimob (Wadankorbrimob), dari semula Brigadir Jenderal (Brigjen), kini dijabat Irjen.
  • Biro Perencanaan Administrasi dan Operasional (Rorenmin Ops), yang semula dipimpin Brigjen, kini naik pangkat menjadi Irjen.
  • Komandan Pasukan (Danpas) Brimob 1 di wilayah Aceh, jabatan baru diemban perwira tinggi berpangkat Brigjen
  • Danpas Brimob 2 di Kalimantan, dekat Ibu Kota Negara (IKN), jabatan baru diemban perwira tinggi berpangkat Brigjen
  • Danpas 3 di Papua, jabatan baru diemban perwira tinggi berpangkat Brigjen.

(mjo/kid)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Daftar Jabatan Naik Pangkat Usai Brimob Dipimpin Jenderal Bintang Tiga

Leave a Reply

Your email address will not be published.