• April 17, 2024 7:00 am

Kepala BNPB Tinjau Pengungsian Stadion Manakarra Mamuju

KEPALA BNPB Letjen TNI Suharyanto meninjau lokasi pengungsian warga di Stadion Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (9/6). Dalam peninjauannya, Suharyanto melakukan dialog singkat dengan warga yang mengungsi setelah terjadi gempabumi M 5.8 Mamuju pada Rabu (8/6). Dalam dialog tersebut, Suharyanto mendapati kesaksian warga yang merasa masih trauma dengan gempabumi M 6.2 Mamuju pada Januari 2021 lalu.

Kepala BNPB meminta agar masyarakat tidak panik dan kembali ke rumah masing-masing. BMKG telah mengeluarkan informasi bahwa gempabumi M 5.8 kemarin tidak berpotensi tsunami dan minim sekali gempa susulan.

Baca juga: Peran Forum Rektor Dibutuhkan Tangani Radikalisme di Kampus

Baca juga: Keragaman Sosial Budaya Jadi Pintu Keluar dari Kesulitan Akibat Disrupsi

Sehingga masyarakat dipastikan aman apabila kembali ke rumah, dengan catatan tetap harus waspada karena Mamuju dan wilayah Sulawesi Barat merupakan daerah rawan gempabumi sedang hingga tinggi.

Suharyanto juga menyerahkan bantuan logistik kepada warga berupa tenda pengungsi 10 unit, makanan tambahan gizi 174 paket, paket perlengkapan bayi 110 paket, perlengkapan keluarga 68 paket, masker 3.600 lembar, kantong jenazah 65 lembar, selimut 500 buah, matras 300 buah dan rendang 300 paket.

Stadion Manakarra telah menampung sebanyak kurang lebih 1.185 warga atas gempabumi M 5.8 kemarin. Tim gabungan dari unsur forkopimda telah mendirikan beberapa tenda darurat guna tempat evakuasi sementara, dapur umum, posko kesehatan dan tenda khusus trauma healing bagi anak-anak. (H-3)


Sumber: Media Indonesia | Kepala BNPB Tinjau Pengungsian Stadion Manakarra Mamuju

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *