• Thu. Oct 22nd, 2020

Jelang Sidang ABB, Pengamanan Diperketat

ByRedaksi PAKAR

Jan 26, 2016

JAKARTA, RADICALISM STUDIES – Jelang sidang Peninjauan Kembali (PK) Abu Bakar Ba’asyir (ABB), aparat memperketat pengaman. Ratusan aparat Kepolisian dan TNI bersiam melakukan Pengamanan di Pengadilan Negeri (PN) Cilacap, Jawa Tengah.

Sepanjang jalan Letjen Suprapto atau depan PN Cilacap sudan disterilkan sejak malam, tiga kendaraan watercanon juga sudah bersiaga di ujung jalan Letjen Suprapto. Sedangkan satu kendaraan baraccuda yang akan digunakan untuk menjemput dan mengantar ABB dan para saksi dari LP Nusakambangan juga sudah disiapkan di halaman PN Cilacap.

Pengamanan di Pengadilan Negeri (PN) Cilacap. Photo RRI
Pengamanan di Pengadilan Negeri (PN) Cilacap. Photo RRI

Dari pantauan media, semua orang yang akan memasuki halaman PN Cilacap harus melalui pemeriksaan yang sangat ketat, mulai dari alat metal detector hingga pemeriksaan badan dan tas. Di halaman terlihat dua tenda untuk para simpatisan ABB serta disiapkan pula tenda untuk tempat shalat, karena pada sidang kali ini akan berlangsung hingga sore hari.

Setelah melalui halaman PN, pemeriksaan kembali dilakukan saat memasuki PN Cilacap, kembali semua orang melalui pemeriksaan badan, dan metal detector.

Tidak sampai di situ, nantinya semua orang yang akan memasuki ruang sidang pengadilan untuk mengikuti jalannya sidang juga harus melalui tahapan yang sama. Pengamanan berlapis ini dilakukan untuk kenyamanan jalannya sidang.

Pada sidang PK kali ini, pihak kepolisian menerjunkan sebanyak 1.600 personel Polri dari Polda Jateng dibantu TNI. Agenda sidang yakni mendengarkan keterangan 5 orang saksi, di antaranya Rizieq Shihab dari FPI dan anggota Presidium MER-C Joserizal Jurnalis. Selain keduanya, juga akan dihadirkan tiga terpidana teroris yang kini masih berada di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, yakni Abdullah Sonata, Komarudin alias Abu Yusuf alias Mustakim dan Joko Sulistyo.
(arb/bag/Detik.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *