• January 18, 2022 1:28 pm

Tank Israel Tembaki Target di Suriah Selatan

BEBERAPA tank Israel pada Rabu (5/1) menembaki sejumlah terduga di sepanjang perbatasan Suriah di Dataran Tinggi Golan. Mereka terdeteksi di dekat pasukan Israel.

“Beberapa waktu lalu selama aktivitas militer di Dataran Tinggi Golan, tentara mengidentifikasi terduga yang dekat dengan posisi militer dan menembak ke arah mereka dari tank,” kata militer dalam suatu pernyataan singkat. “Para terduga kemudian pindah ke wilayah Suriah,” tambahnya.

Dalam Perang Enam Hari 1967, Israel merebut sebagian Dataran Tinggi Golan yang strategis dari Suriah. Ini berbatasan dengan Libanon yang berpatroli di sana.

Kantor berita resmi Suriah SANA mengatakan pasukan Israel juga menyerang dengan peluru tank di hutan desa Al-Hurriyah di Provinsi Quneitra, Suriah. Hutan ini berbatasan dengan bagian Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

SANA menambahkan bahwa helikopter dan pesawat pengintai Israel juga terbang di atas daerah tersebut. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, pemantau yang berbasis di Inggris, mengatakan kebakaran terjadi di hutan dekat desa dan ada helikopter Israel yang hadir, tetapi tidak menyebutkan korban.

Israel menganggap wilayah bagian selatan Suriah ini sebagai front kedua Hizbullah, yang dekat dengan musuh bebuyutan Israel, Iran. Sejak 2011 dan pecahnya perang saudara Suriah, Israel telah melakukan ratusan serangan udara di wilayah Suriah, menargetkan posisi pemerintah serta pasukan sekutu yang didukung Iran dan pejuang Hizbullah.

Baca juga: Hizbullah Tuding Raja Saudi Teroris karena Ekspor Ideologi ISIS

Israel mengatakan sedang mencoba untuk mencegah Iran, salah satu sekutu utama Damaskus dalam konflik sipil yang telah berlangsung selama satu dekade, dari mendapatkan pijakan militer permanen di depan pintu perbatasannya. Pada Selasa, Angkatan Pertahanan Israel mengatakan telah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak kecil milik Hizbullah yang terbang di atas perbatasan Israel-Libanon yang dijaga ketat. (AFP/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Tank Israel Tembaki Target di Suriah Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *