• November 29, 2021 1:35 pm

Lebih dari 20 orang tertabrak mobil dalam parade Natal di AS

ByRedaksi PAKAR

Nov 22, 2021
Lebih dari 20 orang tertabrak mobil dalam parade Natal di AS

Gedung Putih terus memantau situasi di Waukesha dan hati kami bersama orang-orang yang terdampak oleh peristiwa mengerikan ini.

Waukesha (ANTARA) – Sedikitnya satu orang tewas dan lebih dari 20 lainnya terluka-luka setelah sebuah mobil SUV yang melaju kencang menabrak kerumunan parade Natal di Wisconsin, Amerika Serikat, Minggu waktu setempat.

Di antara mereka yang tertabrak adalah sekelompok gadis penari pompom.

Kepala Polisi Waukesha, Wisconsin, Dan Thompson mengatakan seorang tersangka ditahan dan sebuah kendaraan diamankan dalam insiden yang terjadi di kota yang berjarak 32 km dari Milwaukee itu.

“Kendaraan itu menabrak lebih dari 20 orang. Beberapa di antaranya adalah anak-anak dan sejumlah orang meninggal dalam peristiwa itu,” kata Thompson.

Baca juga: Sebelas orang cedera tertabrak mobil di dekat Museum London

“Saya tidak tahu persis jumlah korban jiwa saat ini,” kata dia.

Pihak berwenang mengatakan mereka telah melarikan 11 orang dewasa dan 12 anak-anak ke enam rumah sakit terdekat, sebagian lagi dibawa ke rumah sakit oleh keluarga dan teman korban.

Belum diketahui apakah insiden itu terkait dengan aksi terorisme. Namun, tak ada ancaman lagi dan polisi telah mencabut perintah sebelumnya yang meminta 72.000 penduduk kota itu untuk tidak ke mana-mana.

Sebuah video yang diunggah ke internet menunjukkan sebuah kendaraan sport (SUV) tampak menerobos parade dan menabrak lebih dari selusin orang sebelum para penonton di trotoar berlari untuk menolong.

Thompson mengatakan seorang petugas menembak ke arah SUV dan tak satu pun penonton yang terkena tembakan itu. Polisi tidak yakin ada tembakan dari dalam SUV seperti dikabarkan sebelumnya. Video di media sosial tampak menampilkan polisi yang menembaki SUV ketika kendaraan itu menabrak penghalang jalan.

Belen Santamaria, beserta suami dan puterinya yang berusia tiga tahun, semula akan mengikuti parade itu bersama jemaat Gereja Katolik mereka. Tapi karena punggungnya sakit ketika bangun pagi, keluarganya hanya menonton prosesi itu dari trotoar.

Baca juga: Mobil tabrak pejalan kaki di Amsterdam, delapan orang cedera

“SUV itu muncul dengan kecepatan penuh,” kata Santamaria. “Lalu saya mulai mendengar orang-orang berteriak.”

Dia berlindung di sebuah restoran dengan anaknya. Suaminya, Joshua Ochoa, berlari ke lokasi kejadian untuk menolong orang-orang yang terluka.

Ochoa mengatakan dia mendengar dari jemaat lain bahwa sekitar 10 anggota kongregasi –dewasa dan anak-anak yang sebagian besar warga keturunan Amerika Latin seperti keluarganya– mengalami luka-luka.

“Saya seharusnya ada di sana, berjalan (seperti mereka),” kata Santamaria. “SUV itu mungkin akan menabrak kami juga.”

Seorang wanita mengatakan kepada stasiun TV Fox6 Milwaukee bahwa SUV itu menabrak sekelompok gadis penari berusia 9-15 tahun. Video di media sosial memperlihatkan sekelompok orang mengerumuni gadis-gadis yang terluka dengan pompom putih tampak bertebaran di sekitarnya.

Baca juga: Mobil van tabrak pejalan kaki di Jembatan London

Seorang saksi mengatakan kepada WISN-TV, SUV juga menghantam kelompok Dancing Grannies (Nenek Menari) dan sedikitnya satu orang terpental ke atas kap mobil itu.

“Para anggota kelompok dan relawan terkena dampak dan kami menunggu penjelasan tentang kondisi mereka,” kata Dancing Grannies di halaman Facebook mereka.

Seorang saksi lain memperkirakan SUV itu melaju dengan kecepatan 64 km per jam ketika menabrak kerumunan parade, kata stasiun TV setempat.

Presiden Joe Biden sudah diberi tahu oleh ajudannya tentang peristiwa itu, kata pejabat Gedung Putih.

“Gedung Putih terus memantau situasi di Waukesha dan hati kami bersama orang-orang yang terdampak oleh peristiwa mengerikan ini. Kami telah menghubungi pejabat kota dan negara bagian di sana untuk menawarkan dukungan dan bantuan yang diperlukan.”

Sumber: Reuters

Baca juga: Mobil tabrak pejalan kaki di Melbourne, 15 orang terluka

 

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber: Antara News | Lebih dari 20 orang tertabrak mobil dalam parade Natal di AS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *